Tuesday, December 22, 2009

Pro Kontra Jam Tambahan Untuk UN

Posted on 5:01 AM by Alvin Noor

Salah satu syarat kelulusan pelajar dari jenjang sekolah adalah lulus Ujian Nasional (UN). Berbagai cara dilakukan sekolah-sekolah agar para siswanya dapat lulus 100%. Tentunya dengan hasil yang memuaskan. Tidak terkecuali dengan Smansara kita tercinta. Berbagai cara ditempuh untuk persiapan menghadapi UN. Salah satunya sejak tanggal 17-19 November dan 24-26 November 2009 diadakan jam tambahan pagi untuk siswa kelas XII. Pada semester 2 mendatang akan dilaksanakan setiap hari mulai pukul 06.15-07.00 WIB. Ada sebagian siswa yang pro sama kegiatan ini , tapi ada pula yang kontra dengan alasan mereka masing-masing.

Menurut Exa, siswi XII IPA 5, jam tambahan pagi itu sudah cukup untuk menambah materi-materi guna persiapan menghadapi UN. Walaupun waktu kegiatan berlangsung masih ada beberapa siswa yang ngantuk karena mungkin kepagian, tapi kalo dibandingin sama jam tambahan siang/sore, ia lebih memilih pagi. Alasannya, kalo pagi pikiran masih fresh n belum terlalu capek. Jadi, buat nangkep pelajaran lebih gampang. Selain itu, menurutnya jam tambahan pagi itu meringankan beban siswa yang rumahnya jauh, karna ia tidak akan pulang terlalu petang. Beberapa siswa ada yang bawa bekal ke sekolah, karena mungkin pagi hari itu mereka belum sempat sarapan.

Jauh berbeda dengan Exa, menurut Adhi (XII IPS 2) jam tambahan pagi itu gak terlalu efektif. Karna kepagian, rata-rata siswa masih pada males untuk nangkep pelajaran. Akhirnya, jam tambahan itu malah sia-sia aja. Belum lagi yang rumahnya jauh, banyak yang akhirnya datang terlambat ke sekolah. Jadi mungkin lebih baik diadakan sore harinya. Bakal lebih efektif sore hari dibanding pagi, soalnya kalo sore rata-rata siswa bisa istirahat sejenak buat ngerefresh pikiran. Jadi, dengan gitu pelajaran waktu jam tambahan bisa ditangkep pikiran secara maksimal.

Sebenernya, mau setuju atau tidak itu tergantung pandangan masing-masing siswa. Bagaimana cara siswa menyikapi dan mengambil sisi positif dari kegiatan ini. Toh, ini semua juga demi kebaikan siswanya sendiri. So, jangan dipikir ngantuk atau capeknya, guys. Tapi ambil manfaat sebanyak-banyaknya dari kegiatan ini... Ok, ok, ok?!

1 Response to "Pro Kontra Jam Tambahan Untuk UN"

.
gravatar
Rahadi Teguh Says....

ya...ya...ya..
begitulah adanya.. saya sebagai siswa yang baik dan taat peraturan.. hhohoho.. hanya ikut saja peraturan yg ada di SMANSARA. hhehhe... mau pagi/sore/malam. SIAP pokoknya! yang penting saya LULUS!!

Leave A Reply

tulis komentar kamu di sini...

Kunjungi Juga

Didukung oleh: